KONFLIK PADA SUATU ORGANISASI

KONFLIK 
     
               Konflik yaitu suatu proses sosial yang terjadi atara beberapa individu ataupun kelompok yang karena ada nya keinginan dari salah satu individu tersebut untuk mengahabisi,mengahancurkan,menyingkirkan individu yang menjadi lawan nya,biasanya sering terjadi konflik pada suatu Organisasi.


Mengapa ada Konflik pada Organisasi?

               Jawabannya mudah saja,meskipun Organisasi terkesan sebagai suatu wadah dari beberapa orang yang bekerja dan membagi tugasnya masing-masing demi tujuan mereka bersama namun terkadang ada saja anggota pada suatu organisasi tersebut tidak sependapat dalam beberapa hal terhadapa anggota organisasi yang lain nya.

Dampak Konflik  pada suatu organisasi:


          Dari segi dampak yang timbul, konflik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu konflik fungsional dan konflik infungsional. Konflik dikatakan fungsional apabila dampaknya dapat memberi manfaat atau keuntungan bagi organisasi, sebaliknya disebut infungsional apabila dampaknya justru merugikan organisasi. Konflik dapat menjadi fungsional apabila dikelola dan dikendalikan dengan baik.


Penanganan Konflik pada Organisasi :

                
             Yang sering digunakan untuk menangani konflik adalah pertama dengan mengurangi konflik; kedua dengan menyelesaikan konflik. Untuk metode pengurangan konflik salah satu cara yang sering efektif adalah dengan mendinginkan persoalan terlebih dahulu (cooling thing down). Cara lain adalah dengan membuat “musuh bersama”, sehingga para anggota di dalam kelompok tersebut bersatu untuk menghadapi “musuh” tersebut. Cara semacam ini sebenarnya juga hanya mengalihkan perhatian para anggota kelompok yang sedang mengalami konflik.




NAMA :KEVIN DENIANRI
NPM : 13110870
KELAS :2KA 33































































0 komentar:

Posting Komentar